Berapa Besaran Membayar Zakat Fitrah? Bisakah Dibayar Dengan Uang?


Berapa Besaran Membayar Zakat Fitrah? Bisakah Dibayar Dengan Uang?

Assalamualaikum Wr. Wb.
Berapa Besaran Membayar Zakat Fitrah? Bisakah Dibayar Dengan Uang? - Selamat malem semuanya, selamat berbuka puasa ya.. Alhamdulillah sampai dimalam ke 9 ini kita masih diberikan kesehatan, nikmat, serta karunia-Nya. jangan disia-siakan ya temen-temen, perbanyaklah ibadah selagi bulan suci ramadhan ini belum pergi. dan jangan hanya dibulan ramadhan saja, tetapi setelah bulan suci ramadhan ini pergi kita harus menjaga ibadah kita ya agar senantiasa menjadi orang yang selalu istiqomah dijalan-Nya.

Dipembahasan kali ini saya akan berbagi informasi mengenai zakat fitrah. mungkin ada yang masih bingung bahkan belum tau soal berapa besaran membayar zakat fitrah? dan bisakah dibayarkan dengan uang? mari untuk mengetahuinya, silahkan sama-sama kita simak penjelasan dibawah ini ya

Zakat Fitrah

Zakat merupakan rukun Islam ketiga dan menjadi salah satu unsur pokok tegaknya syariat. Karena itu ia memiliki hukum wajib bagi yang sudah memenuhi persyaratan, yaitu mampu secara finansial dan telah mencapai batas minimal atau nisab. Selain itu, kegiatan ini diyakini bisa menjadi sarana penghapus dosa. Karena itu, banyak umat muslim yang berlomba-lomba memberikan sebagian harta dalam jumlah sebanyak-banyaknya.

Zakat fitrah adalah zakat diri setiap muslim yang mampu, baik laki-laki maupun perempuan yang wajib dibayarkan sebelum tenggelamnya matahari pada hari terakhir Ramadhan. namun disamping itu masih banyak umat muslim yang masih bingung mengenai berapa besaran membayar zakat fitrah tersebut?

 

Besaran Membayar Zakat Fitrah

Zakat ini wajib dikeluarkan oleh setiap umat Islam pada bulan Ramadhan. Besarnya setara dengan 3,5 liter (2,7 kilogram) makanan pokok di daerah yang bersangkutan. Jika belum mengerti, rumusnya adalah 3,5 x harga beras per liter di pasaran. Sebagai contoh, beras di daerah kamu (biasa dimakan dan layak konsumsi) dibanderol seharga Rp 10.000 tiap liter. Maka zakat fitrah yang harus dikeluarkan sebesar Rp 35.000 untuk setiap orang.

Kalau ingin melakukan perhitungan berdasarkan berat pengalinya. Maka rumus yang bisa digunakan adalah 2,5 x harga beras per liter atau bahan makanan pokok per kilogram.

Di Masjid Istiqlal, besaran minimal zakat fitrah yang harus dibayarkan terbagi menjadi dua, yakni Rp 50.000 dan Rp 45.000 atau setara dengan 3,5 liter atau setara 2,7 kilogram makanan pokok yang biasa dikonsumsi. Jumlah tersebut didapat dari harga beras kelas pandan wangi dan beras standar. (Dikutip dari Kompas)

 

Lalu apakah bisa jika ingin membayar zakat fitrah dengan uang?

Banyak yang memperdebatkan apakah zakat fitrah dengan uang boleh atau tidak. Pasalnya zakat fitrah sejatinya ditunaikan dengan menyumbangkan bahan-bahan pokok seperti beras.

Dilansir dari situs Dompet Dhuafa, pandangan ulama pun terbagi menjadi tiga, beberapa ulama ada yang mengatakan bahwa hal itu dilarang, kemudian beberapa mengatakan boleh, dan beberapa lagi menyebutkan boleh kalau ada kemaslahatan.

Di Indonesia sendiri, para ulama sepakat bahwa membayar zakat fitrah boleh menggunakan uang. Pertimbangannya adalah, kebutuhan kini tidak hanya soal pangan. Bisa saja, fakir miskin tersebut kelebihan beras, namun ia gak punya pakaian yang layak, atau bahkan sedang terlilit utang. Kalau seandainya diberikan dalam bentuk beras, memang bisa dijual kembali dan uangnya bisa digunakan untuk menutupi kebutuhan lainnya. Namun, bisa jadi nilai jual kembalinya lebih rendah dari nilai semula.

Atas pertimbangan tersebut, maka umat muslim diperbolehkan untuk membayar zakat fitrah dengan uang. Kalau membayar dengan uang, tinggal disesuaikan saja besarannya dengan harga 2,5 kilogram kualitas terbaik.

 

 

Nah, mungkin itulah yang bisa saya sampaikan mengena bayar-membayar zakat fitrah. Setelah mengetahuinya, semoga gak ada polemik lagi di lingkungan kamu. Mumpung Ramadan belum usai, segera bayar zakatmu ya, karena itu kewajiban bagi setiap muslim yang mampu. kurang dan lebihnya mohon maaf, sekian..

Wassalamualaikum Wr. Wb.

http://short.melipirlah.com/udAi9

Suka Dengan Artikel ini? Bagikan!  
Facebook Twitter LINE WhatsApp